Saturday, October 3, 2015

DAMPAK SAMPAH PADA KEHIDUPAN MANUSIA DI BUMI

DAMPAK SAMPAH PADA KEHIDUPAN MANUSIA DI BUMI

1.       Berdampak untuk kesehatan
Sampah yang tidak di buang pada tempatnya akan mengganggu kesehatan kita yang akan memicu terserangnya penyakit pada manusia seperti : diare, disentri, kudisan, jamur dan lain lain.



Memicu tercemarnya lingkungan hidup hewan, tumbuhan dan manusia. Di jepang telah di laporkan 40rb penduduknya meninggal setelah mengkonsumsi ikan yang tercemar atau terkontaminasi raksa (Hg) yang beracun jika di konsumsi manusia. Raksa ini beasal dari sampah atau limbah industry battery yang di buang di laut.

2.       Berdampak pada udara


Sampah yang di buang melalui udara adalah asap dari industry pabrik dan kendaraan yang dapat mencemari lingkungan di udara. Udara yang menjadi kotor dan berbahaya jika di hirup oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain itu sampah ini dapat melubangi ozon (pelindung bumi dari sinar matahari) oleh sebab itu mengapa bumi semakin lama semakin panas.

3.       Berdampak pada kehidupan social

Dampak dari simpah yang ketiga yaitu pada kehidupan anatara sesame manusia. Ketika kita lewat tumpukan sampah dipinggir jalan yang sangat bau, kita menjadi terganggu dan menutup hidung, ini menandakan bahwa kita merasa terganggu dengan orang yang membuang sampah sembarangan. Sampah udara dari orang yang merokok di tempat umum seperti bis umum, kereta,kapal dan ruangan untuk umum. Mereka yang tidak merokok akan sangat terganggu dan membuat hubungan social terganggu.


Maka dari itu diperlukan sikap yang baik dari setiap manusia dan kesarannya untuk membuang sampah pada tempatnya dan mengelola kembali sebaik mungkin agar dampak yang di timbulkan menjadi sakit. Gunakan juga teknologi yang ramah lingkungan dan jangan gunkan perlatan yang tidak bisa didaur ulang.

Ditulis oleh : Astira Intan Vernadeina 

No comments:

Post a Comment